.

.
Latest News
(c) 2014 ICT-SMKN2 Kota Bekasi. Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Rabu, 11 Desember 2013

Rajin Cangkok Pohon, SMKN 2 Bekasi Raih Adiwiyata Mandiri 2013


Sebagai sekolah yang berorientasi kepedulian lingkungan baik di tingkat sekolah maupun lingkungan sekitarnya, SMKN 2 Bantargebang, belum lama ini mendapatkan predikat sebagai sekolah peraih Adiwiyata Mandiri Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Dari penuturan Kepala Sekolah SMKN 2 Bekasi, Sugiyono keberhasilan ini tidak lain adalah bukti dari keseriusan SMKN 2 Bekasi dalam mengelola lingkungan di dalam area lingkungan sekolah dan di sekitar sekolah.

Menurutnya, SMKN 2 Bekasi layak mendapat predikat peduli lingkungan karena berhasil memenuhi kriteria penilaian seperti lingkungan, jenis tanaman yang di tanam, pengolahan sampah sampai kemampuannya membina sekolah binaannya.

“Kami sangat bangga atas kerja keras dan keberhasilan kami, ini menjadi bukti bahwa kami mampu mewujudkannya,” ungkap Sugiyono kepada bekasibusiness.com, Rabu (11/12 ).

Ia juga mengatakan, selain beberapa kriteria tersebut, SMKN 2 Bekasi juga aktif melakukan pembuatan sumur biopori di lingkungan yang dikerjakan langsung oleh para siswa. “Diantara mereka juga ada yang aktif melakukan pencangkokan pohon,” tambahnya.

Sugiyono mengakui, keberhasilan yang berhasil diraihnya, tidak lepas dari dukungan semua pihak seperti siswa, guru, karyawan sekolah (Tata Usaha), orang tua siswa, dan komite sekolah. Tak terkecuali Tim Adiwiyata yang didukung juga oleh masyarakat sehingga membuahkan predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2013.

Hal ini membuktikan bahwa, SMK Negeri 2 Bekasi layak dan pantas disebut sebagai sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. “Ini membuktikan bahwa sekolah kami layak dan mampu memwujudkan sebagai sekolah yang peduli akan lingkungan,” tegas Sugiyono.

Menanggapi keberhasilan ini, Walikota Bekasi Rahmat Effendi berharap sekolah-sekolah lain di Bekasi bisa mengikuti jejak SMKN 2 Bekasi. Sekolah lainnya diharap bisa belajar dan melakukan hal yang sama di sekolahnya.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Pepen ini, juga mengkritisi masih banyaknya kepala sekolah yang kurang memperhatikan lingkungan sekolahnya.

Ia berharap, program Adiwiyata yang merupakan salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup ini bisa didukung guna terciptanya pengetahuan dan keasadaran warga sekolah akan pelestarian lingkungan hidup.

Setiap warga sekolah, lanjut Pepen, diharap ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat. Hal ini juga bisa jadi cara menghindarkan dampak lingkungan negatif. “Saya ingin sekolah lainnya di Kota Bekasi dapat belajar kepada SMKN 2 Bekasi atas keberhasilannya. Jika tidak, saya akan melakukan tindakan tegas,” paparnya.

Walikota menyebut, meski demikian prestasi dibidang lingkungan hidup ini bukan tujuan akhir, masih banyak hal yang perlu dibenahi agar bisa bersama-sama mewujudkan tujuan Adiwiyata yang sesungguhnya.

“Tujuannya, menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup,” pungkasnya. (leny/yfent)

  • Facebook Comments
Item Reviewed: Rajin Cangkok Pohon, SMKN 2 Bekasi Raih Adiwiyata Mandiri 2013 Rating: 5 Reviewed By: Aris Sutiana