.

.
Latest News
(c) 2014 ICT-SMKN2 Kota Bekasi. Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 25 September 2014

SMKN 2 dan SMAN 7 Raih Adiwiyata Mandiri


Kota Bekasi, 10-6-2014 .Sebagai sekolah yang berbasis lingkungan, SMKN 2 dan SMAN 7 Kota Bekasi berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan, belum lama ini sekolah tersebut dinobatkan sebagai sekolah dengan predikat Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional 2014 oleh Kementerian Lingkungan Hidup RI. Pemberian penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden Boediono,bertempat di Hotel Red Top Jl. Pecenongan Jakarta Pusat, kamis (05/06).


Sugiyono menuturkan, keberhasilan SMKN 2 Bekasi meraih predikat tersebut harus dilalui proses panjang dan melibatkan semua pihak yang ada di sekolah. ujar Kepsek SMKN 2 tersebut.

Dijelaskannya pula, raihan Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional yang diraihnya tersebut berhasil diperoleh setelah SMKN 2 Bekasi berhasil mengalahkan ke-47 sekolah se-Indonesia yang juga mengajukan diri untuk meraih predikat tersebut.

Sugiyono juga menjelaskan, ada empat standar penilaian yang diberikan oleh Kemen LH untuk mendapatkan predikat tersebut, diantaranya pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kebijakan berwawasan lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung yang ramah lingkungan.

"Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk meraih predikat tersebut," katanya.

Pemberian penghargaan yang langsung diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediyono tersebut, diakui Sugiyono, merupakan salah satu hal yang sangat membanggakan.

Mengingat sebelumnya SMKN 2 Bekasi harus melewati proses penilaian Adiwiyata di tingkat Kota Bekasi, tingkat Provinsi Jawa Barat lalu ke tingkat Nasional setelah itu baru mendapatkan Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional.

"Kami sangat bangga akan hal ini dan proses yang kami lalui membuat kami yakin memperoleh hal tersebut," terangnya bangga.

Sementara itu, Tholib, Koordinator Lingkungan Hidup SMKN 2 Bekasi, menuturkan, untuk mendapatkan predikat tersebut sebelumnya SMKN 2 Bekasi sudah terlebih dahulu menyiapkan data pendukung yang kemudian diberikan kepada Kemen LH pusat.

Setelah dinyatakan memenuhi syarat, maka tim Kemen LH akan melakukan proses verifikasi ke sekolah dan sekolah binaan SMKN 2 Bekasi yang ada di Kota Bekasi.

"Proses verifikasi di sekolah dilakukan selama satu hari dan di sekolah binaan juga satu hari," jelas Tholib.
  
Predikat Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional yang kali pertama diraih SMKN 2 Bekasi ini, tidak lepas dari koordinasi yang dilakukan sekolahnya dengan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi.

"Keberhasilan kami juga tidak terlepas dari koordinasi pihak sekolah dengan BPLH Kota Bekasi," pungkasnya. (yas/rdn/foto:yas)
  • Facebook Comments
Item Reviewed: SMKN 2 dan SMAN 7 Raih Adiwiyata Mandiri Rating: 5 Reviewed By: Aris Sutiana