.

.
Latest News
(c) 2014 ICT-SMKN2 Kota Bekasi. Gambar tema oleh enjoynz. Diberdayakan oleh Blogger.
Kamis, 26 Mei 2016

Ujian Kenaikan Kelas Berbasis Komputer




SETELAH sukses menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)  tahun 2016, SMKN 2 Kota Bekasi mencoba menyelenggarakan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) berbasis Komputer (online)  untuk semua mata pelajaran yang diujikan.


Sebanyak  875 peserta mengikuti ujian yang dimulai sejak Senin (23/5) lalu, mulai dari siswa kelas X dan juga kelas XI. Kepala Sekolah SMKN 2 Kota Bekasi Agus Setiawan mengatakan, dilaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer agar para siswa bisa terbiasa memgerjakan soal ujian dengan sistem online.

“Kami sengaja menggelar UKK ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa ujian berbasis online, jadi pada saat mereka UN mereka tidak kaget lagi. Karena  sejak kelas X mereka sudah diberikan pelatihan mengerjakan soal dengan berbasis online,” ujarnya.

Cara tersebut, menurut Agus, untuk mendukung program Pemerintah Smart City. SMKN 2 Kota Bekasi, lanjutnya, memulai dengan Smart School yang artinya semua kegiatan kurikuler dan non kurikuler sudah berbasis komputer agar para siswa bisa terbiasa dengan menggunakan ujian online.

“Ujian berbasis kertas mulai ditinggalkan, karena memang ujian nasional sudah menerapkan ujian berbasis komputer, jadi harus dari sekarang kita gembleng dan diberikan arahan untuk bisa mengerjakan soal dengan basis komputer,” ungkapnya.

Pemandangan serupa juga terlihat di SMKN 2 Cikarang Barat. Humas SMKN 2 Cikarang Barat, Yanti mengatakan, ujian saat ini memang mengadopsi dari ujian nasional beberapa waktu lalu. ”Kita sekarang ini sudah komputerisasi semua, sudah tidak ada yang memakai kertas,” ujarnya.

Walau baik dalam kegiatan belajar mengajar, namun dengan sistem komputerisasi tentunya memiliki kendala, khususnya suplai listrik. Yanti mengaku sudah memiliki solusi mengatasi masalah tersebut. “Yang jelas, kita kembalikan sesuai dengan waktu yang hilang karena listrik padam, tidak lebih. Kalau pekerjaan, sistem kita sudah langsung autosave kok,” bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, M Agus Supratman mengatakan, di Kabupaten Bekasi ada 5 Sekolah yang melaksanakan Ujian Kenaikan Kelas berbasis online, selebihnya masih manual.

“Sudah ada lima sekolah yang berbasis komputer, di antaranya SMKN 2 Cikarang Barat, SMKN 1 Cibitung, dan beberapa sekolah swasta,” ucapnya singkat. (ran/ich)
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ujian Kenaikan Kelas Berbasis Komputer Rating: 5 Reviewed By: Aris Sutiana